PELAKSANAAN EVALUASI PASCA DIKLAT PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI DI UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE

Pelaksanaan evaluasi Pasca Diklat di Universitas Khairun Ternate dipimpin oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti, Ruben Silitonga.

 Pada tanggal 18 Desember 2019, Pusdiklat Kemenristekdikti melakukan kegiatan Evaluasi Pasca Diklat di Universitas Khairun Ternate. Evaluasi dilakukan terhadap peserta Diklat yang telah mengikuti pelatihan baik Diklat Teknis maupun Pelatihan Dasar CPNS. Kegiatan dibuka oleh  Nurilmi Lina, SE., selaku Kepala Bagian Kepegawaian dan Tata Laksana Universitas Khairun Ternate dan dihadiri alumni, rekan kerja maupun atasan langsung/ mentor. Pelaksanaan evaluasi pasca diklat yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner online kemudian dilakukan pendalaman melalui sesi wawancara secara langsung terhadap rekan sejawat dan atasan/mentor alumnus. Pelaksanaan kegiatan evaluasi pasca diklat berlangsung dari pukul 09.00 WIT hingga pukul 11.00 WIT.

Peserta Evaluasi pasca Diklat menyimak penjelasan Kabid Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti mengenai evaluasi pasca diklat.

Tujuan evaluasi pasca diklat yang dilaksanakan Pusdiklat Kemenristekdikti semata-mata untuk melaksanakan amanat PP No. 11 Tahun 2017  tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil  yang mengamanatkan Pusdiklat perlu melakukan fungsi pengendalian terhadap keluaran Diklat dengan melaksanakan evaluasi pasca diklat. Hasil pelaksanaan evaluasi nantinya akan membantu dalam pengembangan dan peningkatan program pelatihan Pusdiklat Kemenristekdikti di masa mendatang.

Instrumen pada evaluasi disusun untuk menggali data guna menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sejauh mana alumnus Pelatihan melakukan Aktualisasi substansi mata pelatihan secara berkesinambungan, kendala yang dihadapi peserta dalam melakukan aktualisasi substansi mata pelatihan, bagaimana alumnus pelatihan berhasil mengatasi kendala dalam melakukan aktualisasi substansi mata pelatihan, serta seberapa besar kemanfaatan bagi organisasi dari aktualisasi substansi mata pelatihan yang dilaksanakan secara berkesinambungan oleh peserta.

Berdasarkan hasil evaluasi dari alumnus terhadap dirinya sendiri, mayoritas alumnus merasakan dampak peningkatan kinerja setelah melaksanakan pelatihan dan pengetahuan yang di dapatkan selama pelatihan bermanfaat bagi tupoksi alumus sehari-hari. Namun dalam implementasinya ada juga yang berpendapat bahwa pengetahuan yang didapatkan tidak sesuai dengan lingkungan kerja karena terkendala di bagian keuangan atau anggaran.

Alumnus Diklat Teknis Pengelolaan Arsip DInamis, Arifano Bahar, SE memberikan testimoni dalam sesi pendaaman wawancara terhadap alumnus pelatihan Pusdiklat Kemenristekdikti.

Adapun hasil evaluasi pasca diklat berdasarkan evaluasi dari atasan alumnus dan rekan sejawat alumnus, mayoritas berpendapat terdapat peningkatan kinerja serta kepedulian terhadap lingkungan kerja, produktivitas, motivasi, kreativitas, sikap dalam melayani, ketelitian, disiplin, kejujuran, kebesaran hati, sopan santun dan komunikasi terhadap atasan. Hasil pengetahuan yang di dapatkan alumnus dirasakan sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh organisasi.

DP