CATATAN AKHIR DARI PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III TAHUN 2019 KEMENRISTEKDIKTI DARI MUARO JAMBI

Sabtu, 22 Desember 2019, kegiatan Pelatihan Dasar (latsar) CPNS Golongan III Angkatan XIV, XV, dan XVI resmi ditutup oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  (Pusdiklat Kemenristekdikti) Ir. Wisnu S Soenarso, M.Eng. Sebanyak 99 orang peserta yang terbagi menjadi 3 angkatan dari Universitas Jambi secara resmi telah melaksanakan kegiatan latsar yang menjadi syarat wajib untuk pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) Nomor 5 Tahun 2014.

Kesiapan Peserta dan Tamu Undangan dalam Kegiatan Penutupan Latsar CPNS Golongan III Angkatan XIV, XV, dan XVI

Kegiatan penutupan diawali dengan laporan peserta latsar tentang kesiapan mengikuti acara penutupan. Seluruh peserta menyiapkan diri pada tempatnya masing-masing dan mengikuti acara penutupan dengan penuh khidmat. Laporan berikutnya disampaikan oleh Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan Universitas Jambi, Bapak Ibrahim yang melaporkan tentang proses pelaksanaan pelatihan dasar yang berlangsung di Universitas Jambi.

Penyampaian Laporan Kegiatan dan Laporan Evaluasi Kelulusan Peserta Latsar oleh Bapak Ibrahim dan Dr. Lanjar, M.Si

Laporan selanjutnya adalah mengenai evaluasi kelulusan peserta oleh Kepala Bidang Program dan Kerjasama, Dr. Ir. Lanjar, M.Si. Terlapor seluruh peserta latsar angkatan XIV, XV, dan XVI dinyatakan lulus dengan kriteria kelulusan untuk masing-masing angkatan adalah sebagai berikut.

Angkatan XIV, sebanyak 19 peserta dinyatakan lulus dengan predikat “sangat memuaskan” dan sisanya sebanyak 14 peserta dinyatakan lulus dengan predikat “memuaskan”. Dari 19 peserta dengan predikat “sangat memuaskan” 3 peserta terbaik adalah (1) Indra Lasmana Tarigan, (2) Hamdan Maruli Siregar dan (3) Gusmi Kholijah.

Angkatan XV, peserta yang dinyatakan lulus dengan predikat “sangat memuaskan” berjumlah 13 peserta dan sisanya 20 peserta lulus dengan predikat “memuaskan”. Tiga terbaik untuk angkatan XV adalah (1) Grafitte Decheline, (2) Pradita Eko Prasetyo Utomo, dan (3) Minarni.

Angkatan XVI, 18 peserta dinyatakan lulus dengan predikat “sangat memuaskan”, sedangkan sisanya 15 orang lulus dengan predikat “memuaskan”. Peserta dengan peringkat terbaik untuk angkatan XVI adalah (1) Rahmi, (2) Samratul Fuady, dan (3) Najla Anwar Fuadi. Peringkat tiga terbaik masing-masing angkatan mendapatkan piagam peghargaan yang diberikan langsung oleh Kapusdiklat Kemenristekdikti.

Pemberian Piagam Penghargaan peserta terbaik 1, 2, dan 3 untuk Masing-Masing Angkatan XIV, XV, dan XVI oleh Kapusdiklat Kemenristekdikti dan Rektor Universitas Jambi

Foto Bersama Kapusdiklat, Rektor dan Pejabat di Lingkungan Universitas Jambi dengan Peserta terbaik Latsar 1,2 dan 3 Masing-Masing Angkatan

Penyampaian pesan dan kesan menjadi bagian yang emosional bagi peserta latsar yang selama ini telah mengikuti latsar bersama-sama dan sudah seperti keluarga dan menjadi moment haru ketika mengenang proses kebersamaan selama latsar berlangsung. Disampaikan oleh perwakilan peserta yaitu Oka Lesmana dan Magdalena Ritongan, pesan dan kesannya secara umum adalah ucapan terima kasih kepada Pusdiklat Kemenristekdikti dan Universitas Jambi karena mendapat kesempatan untuk mengikuti Latsar CPNS di tahun 2019. Satu pesan penting dari mereka dan untuk mereka sendiri tentang latsar CPNS ini adalah “indah untuk dikenang, tetapi tidak untuk diulang”.

Penyampaian Laporan Kegiatan dan Laporan Evaluasi Kelulusan Peserta Latsar oleh Bapak Ibrahim dan Dr. Lanjar, M.Si

Selanjutnya Sambutan Rektor Universitas Jambi, Prof. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D. disampaikan dalam sambutannya Rektor mementingkan perlunya peserta latsar mensyukuri semua pelaksanaan latsar karena masih banyak yang belum dilatsarkan. Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya baik dari segi fasilitas Gedung (asrama, ruang kelas, dan ruang makan), makanan, pengajar dan panitia khususnya yang dari Universitas Jambi, Rektor sudah mengupayakan yang terbaik diantaranya fasilitas listrik yang sudah di upgrade dari yang sebelumnya Universitas Jambi sebagai pelanggan listrik regular, sekarang sudah menjadi pelanggan premium di PLN sehingga diharapkan listrik tidak sering mati. Pesan disampaikan Rektor kepada peserta latsar diantaranya agar peserta latsar menjadi orang yang selalu terus menebar kebaikan dan pandai bersyukur. Rektor Universitas Jambi juga bersyukur dan berterima kasih kepada Pusdiklat Kemenristekdikti karena memberikan kepercayaan kepada Universitas Jambi untuk menyelenggarakan Latsar CPNS Golongan III sehingga CPNS di lingkungan Universitas Jambi dapat melaksanakan latsar sebelum satu tahun berjalan. Rektor secara khusus berterima kasih kepada seluruh yang terlibat dalam penyelenggaraan latsar yaitu Universitas Jambi, BPSDM Jambi, Korem 042/Gapu dan Pusdiklat Kemenristekdikti

Sambutan Rektor Universitas Jambi, Prof. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D.

Sambutan dan arahan sekaligus menutup secara resmi pelatihan dasar CPNS Golongan III Angkatan XIV, XV, dan VI oleh Kapusdiklat Kemenristekdikti. Kapusdiklat menyampaikan bahwa latsar di Jambi merupakan latsar terkahir yang diselenggarakan Pusdiklat Kemenristekdikti. Rasa syukur dan terima kasih perlu disampaikan kepada Rektor Universitas Jambi karena Inovasi yang dilakukan Rektor, sehingga latsar CPNS Golongan III Angakatan XIV, XV, dan XVI dapat dilaksanakan. Secara khusus Kapusdiklat meminta peserta latsar untuk berdiri dan memberikan applause kepada Rektor Universitas Jambi. Kapusdiklat menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan Universitas Jambi khususnya Rektor Universitas Jambi dan secara khusus berterima kasih kepada panita yang sudah sampai larut malam untuk menyelesaikan sertifikat kelulusan peserta sehingga peserta latsar dapat langsung menerima sertifikat kelulusan.

Sambutan, arahan sekaligus Penutupan Latsar CPNS Golongan III Angkatan XIV, XV, dan XVI Tahun 2019

Penutupan secara resmi ditandai dengan pelepasan tanda peserta pelatihan oleh Kapusdiklat dan Rektor Universitas Jambi kepada perwakilan peserta, dan diikuti oleh seluruh peserta pelatihan. Pelepasan tanda peserta menjadi tanda bahwa peserta sudah selesai menjalani rangkaian kegiatan latsar dan menjadi bagian dari alumni latsar CPNS Kemenristekdikti. Ekspresi kegembiraan peserta latsar ditunjukan dengan persembahan yel-yel untuk masing-masing angkatan. Selanjutnya menyanyikan lagu “Bagimu Negeri” dan pembacaan doa menjadi bagian dari penutupan yang khidmad dimana sebagai seorang CPNS, wajib hukumnya untuk mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara untuk kepentingan masyarakat tentunya dengan dilandasi pada keyakinan dan pengharapan terhadap pertolongan Tuhan yang Maha Esa. Rangkaian kegiatan penutupan diakhiri dengan laporan penutupan oleh peserta latsar, penyerahan Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) kepada peserta pelatihan, dan foto Bersama seluruh peserta dengan keluarga besar panitia latsar dari Pusdiklat Kemenristekdikti dan Universitas Negeri Jambi. 

Penyerahan STTP oleh Kapusdiklat kepada Peserta Latsar

Foto Bersama Peserta Latsar dengan Kapusdiklat, Rektor, dan Tamu Udangan