PENUTUPAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT III ANGKATAN I TAHUN 2019 PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI

Tangerang Selatan, 29 November 2019 – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi secara resmi menutup Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III Angkatan I Tahun 2019 Pusdiklat Kemenristekdikti bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) yang dimulai sejak tanggal 12 Agustus s.d 29 November 2019. Kegiatan turut dihadiri oleh tamu undangan dari perwakilan unit kerja peserta, pejabat struktural, dan Widyaiswara di lingkungan Pusdiklat Kemenristekdikti.

Peserta Diklat PIM Tingkat III berjumlah 40 orang yang yang berasal dari 36 unit kerja di lingkungan Kemenristekdikti, yaitu:  Unit Utama Kemenristekdikti 5 orang, LL Dikti IV, LL Dikti X, LL Dikti XI, Universitas Jambi, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Andalas, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Haluoleo, Universitas Tadulako, UNS Surakarta, ISI Surakarta, UPN Yogyakarta, Universitas Jember, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Cendrawasih, Universitas Brawijaya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Trunijoyo, Politeknik Pangkep, dan Universitas Timor masing-masing 1 orang, Universitas Pattimura, Universitas Negeri Papua, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Negeri Lampung masing-masing 2 orang.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti, Ruben Silitonga

 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti, Ruben Silitonga dalam laporannya menyampaikan bahwa berdasarkan hasil rapat evaluasi seluruh peserta yang berjumlah 40 dinyatakan lulus. Dari total keseluruhan 40 peserta, diambil lima peringkat terbaik untuk diberikan penghargaan, yaitu:

  1. terbaik pertama atas nama Fahmi Ma’ruf Nasution dari Sekretariat Jenderal;
  2. terbaik kedua atas nama Rizka dari Universitas Negeri Yogyakarta;
  3. terbaik ketiga atas nama Ferdy Fristyansjah dari Inspektorat Jenderal;
  4. terbaik keempat atas nama Usman Sudarmaji dari Universitas Sebelas Maret; dan
  5. terbaik kelima atas nama Budi Prasetiyo dari Universitas Jember.

Penyerahan Piagam Penghargaan kepada lima peserta terbaik oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti didampingi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti dan Wakil Rektor II Universitas Negeri Lampung

 

Kepada seluruh peserta Diklatpim Tingkat III Angkatan I Tahun 2019, Ruben Silitonga berpesan untuk menjadi pemimpin perubahan di unit kerja masing-masing dengan semagat inovasi dan kreativitas. Ruben Silitonga juga mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) yang telah memberikan kepercayaan kepada Pusdiklat Kemenristekdikti untuk menyelenggarakan Diklatpim III.

Perwakilan pesan dan kesan peserta, Petrus Damianus Oetpah

 

Petrus Damianus Oetpah, selaku perwakilan peserta mengucapkan terimakasih kepada Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Widyaiswara, dan Panitia Penyelenggara atas penyelenggaraan Diklatpim III yang berlangsung dengan baik. Petrus, menyampaikan bahwa peserta berasal dari latar belakang yang berbeda dengan kemampuan yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu menjadi pemimpin perubahan di unit kerja masing-masing. Petrus berharap apa yang telah peserta rancang dalam laporan perubahan, bisa diimplementasikan dengan baik di unit kerja. Petrus juga berpesan agar selalu menjalin komunikasi dengan baik, baik antar peserta maupun dengan seluruh Panitia, WIdyaiswara, dan Pejabat di lingkungan Pusdiklat Kemenristekdikti.

Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso

 

Selanjutnya, Selanjutnya Wisnu S. Soenarso selaku Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, memberikan sambutan sekaligus menutup secara resmi kegiatan Diklatpim Tingkat III Angkatan I Tahun 2019. Wisnu S. Soenarso menyampaikan selamat dan rasa bangganya atas kelulusan seluruh peserta, masuk sejumlah 40 peserta dan selesai dengan jumlah yang sama yaitu 40 peserta. Dalam beberapa penyelenggaraan Diklatpim, ada peserta yang tidak berhasil mencapai kelulusan. Hal ini dikarenakan selain faktor teknis, faktor psikis juga sangat menentukan. Alasan teknis mungkin akan mudah mencari solusinya, namun jika menyangkut psikis akan sulit mencari solusinya.

Wisnu S. Soenarso menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh peserta Diklatpim III Angkatan I Tahun 2019 yang begitu kompak. Hal ini dibuktikan dengan kepedulian antar peserta, ada salah satu peserta yang kurang dalam suatu hal, teman-temannya dengan senang hati membantu. Kekompakan ini diharapkan tidak hanya saat di Diklat saja, namun juga bisa diterapkan setelah peserta kembali ke unit kerja untuk membangun networking. Wisnu S. Soenarso berpesan kepada peserta setelah kembali ke unit kerja agar menyampaikan kepada pimpinan bahwa peserta siap menjadi pemimpin perubahan.

Terakhir, peserta memberikan cendera mata kepada Pusdiklat Ristekdikti. Ketua angkatan, Usman Sudarmaji memberikan secara langsung kepada Kepala Pusdiklat Ristekdikti didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan sebagai ungkapan rasa terimakasih peserta kepada Pusdiklat Kemenristekdikti.

IW

Please follow and like us: