PEMBUKAAN LATSAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN XII DAN XIII TAHUN 2019

Merauke, 12 Oktober 2019 – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ir. Wisnu S. Soenarso M.Eng. secara resmi membuka Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XII dan XIII Pusdiklat Kemenristekdikti bekerja sama dengan Universitas Musamus Merauke di Universitas Musamus Merauke. Turut hadir dalam pembukaan Rektor Universitas Musamus, Prof. Dr. Philipus Betaubun, M.T., Wakil Rektor II, Emiliana Bernadina Rahail, S.H., M.H., dan beberapa perwakilan Pejabat Struktural maupun Dosen di Lingkungan Universitas Musamus Merauke.

Kepala Subbidang Administrasi Kemenristekdikti, Penina Renta Maria Gultom

 Kepala Sub Bidang Diklat Administrasi Kepala Subbagian Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Administrasi, Penina Renta Maria Gultom, melaporkan bahwa Pelatihan Dasar Calon PNS ini diselenggarakan mulai tanggal 13 Oktober 2019 sampai dengan 12 Desember 2019, yakni selama 51 hari kerja atau setara 511 JP, yang penyelenggaraannya dilakukan dengan metode klasikal (on campus) selama 21 hari kerja atau (191 JP)  dan non klasikal (off campus) selama 30 hari kerjaatau  (320 JP). Kegiatan klasikal dilaksanakan di Hotel Akat dan Universitas Musamus Merauke, sedangkan kegiatan non klasikal akan dilaksanakan di unit kerja masing-masing peserta Pelatihan Dasar CPNS.

 Peserta mengucapkan Janji Peserta Pelatihan Dasar

 Pelatihan Dasar Calon PNS ini diikuti oleh 87 orang Calon Pegawai Negeri Sipil dari Universitas Musamus Merauke, yang dibagi ke dalam 2 angkatan, yaitu Angkatan XII, dengan jumlah peserta sebanyak 44 orang; Angkatan XIII, dengan jumlah peserta sebanyak 43 orang. Peserta wanita pada kegiatan ini berjumlah 43 orang, dan peserta pria berjumlah 44 orang, terdiri dari 19 orang tenaga kependidikan dan 68 orang dosen. Sementara untuk Fasilitator pada kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XII dan Angkatan XIII ini adalah para Widyaiswara Pusdiklat Kemenristekdikti, nara sumber, serta praktisi yang memiliki kompetensi pada bidangnya masing-masing.

   Rektor Universitas Musamus, Prof. Dr. Philipus Betaubun, M.T.

 

Rektor Universitas Musamus yaitu Prof. Dr. Philipus Betaubun, M.T. dalam sambutannya, menyampaikan rasa terimaksihnya kepada Kepala Pusdiklat dan tim dari Pusdiklat Kemenristekdikti yang bersedia hadir dan menjadi penyelenggara dalam kegiatan Latsar Angkatan XII dan XIII di Merauke. Prof. Dr. Philipus Betaubun, M.T. juga mengingatkan kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan Latsar dengan baik agar dapat membentuk pribadi ASN yang lebih baik di lingkungan Universitas Musamus.

       Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng.

 Selanjutnya Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng. memberikan sambutan sekaligus membuka acara Latsar CPNS Golongan III Angkatan XII dan XIII secara resmi. Dalam sambutannya, Wisnu S. Soenarso menyatakan bahwa Latsar CPNS Golongan III Angkatan XII dan XIII merupakan penyelenggaraan khusus yang pertama kali bagi Pusdiklat Kemenristekdikti. Khusus karena semua peserta berasal dari unit kerja yang sama. Wisnu S. Soenarso berterima kasih kepada Rektor Universitas Musamus yang telah peduli terhadap pengembangan kompetensi pegawainya, terutama kepada para CPNS iniWisnu S. Soenarso berpesan kepada para peserta pelatihan untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Peran dan tugas PNS sebagai unsur utama Aparatur Sipil Negara ke depan akan semakin berat, dengan semakin kompleknya permasalahan dan tatanan kehidupan berbangsa seiring dengan kemajuan peradaban manusia. Oleh karena itu, saya mengingatkan akan pentingnya  3 (tiga) tugas utama  Aparatur Sipil Negara, yakni: a) melaksanakan kebijakan publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; b) memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas; dan c) mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

         Wisnu S. Soenarso di dampingi Rektor dan Wakil Rektor II Universitas Musamus mengalungkan tanda pelatihan terhadap perwakilan peserta

 Wisnu S. Soenarso menggaris bawahi  Visi Kemenristekdikti  yakni, “Terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa”.  Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, maka misi yang harus dilakukan adalah adalah: 1) Meningkatkan akses, relevansi, dan mutu pendidikan tinggi untuk menghasilkan SDM yang berkualitas; 2) Meningkatkan kemampuan Iptek dan inovasi untuk menghasilkan nilai tambah produk inovasi; dan 3) Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam rangka reformasi birokrasi. Sebagai PNS di lingkungan Kemenristekdikti, tugas dan peran Peserta Latsar Angkatan XII dan XIII harus mampu menerjemahkan serta mendukung visi dan misi tersebut melalui pelaksanaan tugas dan fungsi jabatan yang diemban.

     Tobias Nggaruaka, Peserta Latsar Angkatan XIII

 Setelah acara pembukaan selesai, salah satu Peserta Latsar Angkatan XIII, Tobias Nggaruaka mengemukakan rasa senangnya bisa mengikuti Latsar CPNS Golongan III di Merauke. Tobias berharap agar penyelenggaraan Latsar ini bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai rencana dan seluruh peserta bisa mengikuti dengan lancar serta lulus dengan hasil yang memuaskan. Tobias juga berharap agar seluruh tim Pusdiklat Kemenristekdikti yang bertugas di Merauke betah tinggal di Merauke dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Please follow and like us:
0