SEMINAR RANCANGAN AKTUALISASI LATSAR CPNS GOL. III ANGKATAN X TAHUN 2019 BERJALAN LANCAR

Serpong, 9 Agustus 2019 – Seminar aktualisasi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Gologan III Angkatan X di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti, Tangerang Selatan berlangsung dengan lancar. Peserta pertama memulai seminar pada jam 08.15 WIB dan peserta terakhir pada jam 17.50 WIB. Para peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan X terdiri dari 40 peserta yang berasal dari 14 Perguruan Tinggi dan tujuh unit kerja utama Kemenristekdikti. Seminar rancangan aktualisasi dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta dari unit yang heterogen. Kelompok pertama diuji dan dibimbing oleh Wisnu S. Soenarso dan Malikuz Zahar, kelompok dua diuji dan dibimbing oleh Siti Aminah dan Asih Setiawati, kelompok tiga diuji dan dibimbing oleh Ruben Silitonga dan Bambang Sutejo, dan kelompok terakhir diuji dan dibimbing oleh Hasmo Sadewo dan Heri Widyawati.

Suasana Seminar Rancangan Aktualisasi

Setelah seminar dilaksanakan, para peserta segera memperbaiki rancangan mereka yang telah dikoreksi oleh penguji masing-masing.

Peserta paling jauh berasal dari Universitas Hasanuddin. Seusai seminar, Farid Mardin selaku mentor dari Nadzirah Ikasari sempat diwawancarai terkait penyelenggaraan Latsar CPNS Golongan III Angkatan X, beliau mengatakan bahwa penyelenggaraan sudah sangat bagus. Mulai dari kedatangan awal sudah disambut dengan baik dan panitia welcome. Beliau juga menambahkan pelayanan panitia sangat baik dengan adanya antar jemput mentor dari dan ke Wisma Tamu Puspiptek, ketersediaan komsumsi, dan panitia yang terstruktur serta cepat dalam menyampaikan informasi terkait jadwal seminar.

Dr. Eng. Farid Mardin, ST. M.Sc., Mentor dari Universitas Hasanuddin

Selain Farid Mardin, ada dua peserta yang diwawancarai terkait penyelenggaraan Latsar CPNS Golongan III Angkatan X Tahun 2019 yaitu Aldila Din Pangawikan dari Universitas Padjadjaran dan dr. Rahimi Syaidah, Ph.D. dari Universitas Indonesia.

Dr. Aldila Din Pangawikan, STP, M.Sc

Dr. Aldila Din Pangawikan, STP, M.Sc. dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian berpendapat penyelenggaraan secara keseluruhan sangat baik, mulai gedung, ruang kuliah, makanan, penginapan, kepanitiaan, dan fasilitator. Terkait kendala kesehatan beberapa peserta lain, Aldi, sapaannya berpedapat bahwa masalahnya bukan dari makanan, akan tetapi karena perubahan pola atau ritme dari kegiatan sehari-hari. Pola yang terstruktur dan teratur mulai dari waktu bangun pagi, ibadah, olahraga, hingga makan membuat tubuh beberapa peserta kaget dan melakukan penolakan yang mengakibatkan gangguan pencernaan. Saran yang diutarakan adalah agar mempertahankan apa yang sudah baik dengan terus melakukan inovasi dan perbaikan yang dirasa perlu. Terakhir Aldi berharap agar habituasi tidak hanya pada Nilai-Nilai PNS, tetapi juga pola hidup yang terstuktur dan teratur.

dr. Rahimi Syaidah, Ph.D

Tidak jauh berbeda dengan Aldi, dr. Rahimi Syaidah, Ph.D. dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang biasa dipanggil Imi mengatakan bahwa penyelenggaraan latsar sudah bagus secara keseluruhan. Untuk materi sudah cukup tersampaikan, hanya saja ia yang lebih suka kegiatan diskusi cukup merasa bosan bila kegiatan di kelas minor diskusi atau keterlibatan peserta. Ia mengharapkan agar ke depannya para fasilitator lebih banyak ide agar kelas semakin menarik dan menyenangkan.

Bersarkan beberapa pendapat di atas, maka dapat dikatakan penyelenggaraan Latsar CPNS Golongan III Angkatan X Tahun 2019 berjalan dengan baik. Harapannya adalah Pusdiklat Kemenristekdikti terus berinovasi dan memperbaiki hal-hal kecil yang masih kurang agar penyelenggaraan Latsar berikutnya lebih baik, dan para fasilitator juga semakin banyak inovasi.

MP

 

Please follow and like us:
0