PEMBUKAAN PELATIHAN PENATAUSAHAAN BARANG MILIK NEGARA ANGKATAN I DAN II TAHUN 2019

Foto peserta angkatan I dan II saat acara pembukaan

Jakarta, 05 Agustus 2019 – Pelatihan Penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) terlaksana atas kerjasama Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan (KNPK) Kementerian Keuangan. Ini adalah kerjasama pertama dengan Pusdiklat KNPK yang dilakukan sejak berdirinya Kemenristedikti, hal ini mengingat semakin tingginya kebutuhan sertifikasi bagi pengelola BMN di lingkungan Kemenristekdikti. Pelatihan ini akan berlangsung selama 5 hari, yaitu tanggal 04-11 Agustus 2019 di Hotel Orchard Kemayoran Jakarta. Peserta sebanyak 56 orang terdiri dari perwakilan 38 satuan kerja yaitu :

lnstitut Seni Indonesia Padangpanjang
lnstitut Seni Indonesia Surakarta
Lembaga Biologi Molekuler Eijkman
LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Politeknik Negeri Bali
Politeknik Negeri Jember
Politeknik Negeri Media Kreatif
Politeknik Negeri Padang
Politeknik Negeri Pontianak
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Pusat Peragaan IPTEK
Pusdiklat kemenristekdikti
Universitas Airlangga
Universitas Andalas
Universitas Bangka Belitung
Universitas Brawijaya
Universitas Diponegoro
Universitas Gadjah Mada
Universitas Jember
Universitas Jenderal Soedirman
Universitas Lambung Mangkurat
Universitas Negeri Malang
Universitas Negeri Padang
Universitas Negeri Semarang
Universitas Negeri Surabaya
Universitas Negeri Yogyakarta
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Universitas Pendidikan Indonesia
Universitas Siliwangi
Universitas Sebelas Maret
Universitas Tanjungpura
Universitas Terbuka
Universitas Tidar
Universitas Trunojoyo Madura
Universitas Udayana

Pelatihan Penatausahaan BMN dibuka langsung oleh Wisnu S. Soenarso, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti didampingi oleh Kepala Sub Bidang Diklat Teknis, Sugiyo Pranoto di Ball-room hotel Orchard Kemayoran, sebelum peserta dibagi menjadi 2 angkatan yang masing-masing terdiri dari 28 peserta. Dalam Sambutannya, beliau menyampaikan harapannya agar semua peserta mengikuti pelatihan dengan baik sehingga semua bisa lulus 100%. “sekarang kalian menjadi peserta dulu tetapi nanti saat kembali ke tempat bekerja, kalian harus menularkan ilmunya, menjadi narasumber ditempatnya masing-masing”.

Foto saat acara pembukaan, kasubbag. diklat teknis menyampaikan laporan kegiatan

Selanjutnya, materi current issue disampaikan oleh Wiwin Darwina, Kepala Biro Keuangan dan Umum Kemenristekdikti, beliau menyampaikan konsep pengelolaan keuangan negera dan perkembangannya, Strategi pengelolaan dan optimalisasi serta isu-isu pengelolaan BMN kedepan. Pada sesi diskusi, tersampaikan juga beberapa solusi atas permasalahan yang ada terkait dengan asset milik negara di Lingkungan Kemenristekdikti, diantaranya adalah terkait dengan bagaimana tentang tata cara penghapusan barang milik negara, tetapi ada hal yang belum mendapatkan solusi sampai saat ini yaitu terkait dengan kepemilikan gedung yang digunakan oleh kemenristekdikti : Gedung BPPT II, Jl. M.H. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat dan Gedung D Senayan, Jl. Jend. Sudirman, Pintu I Senayan.

Foto wiwin darwina, saat menyampaikan materi current issue

Setelah acara pembukaan dan ceramah dilaksanakan, peserta masuk ke ruangan kelas masing-masing dan langsung menerima materi pembelajaran pertama yaitu ‘Pokok pokok kebijakan penatausahaan BMN bagi pengguna barang’; Materi yang disampaikan adalah tentang konsep Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat dan penatausahaan BMN, konsep penggolongan dan kedefikasi BMN serta prinsip-prinsip kebijakan akuntansi BMN dan Kapitalisasi BMN. Materi Pembelajaran disampaikan oleh widyaiswara dari Pusdiklat KNPK, pada angkatan I disampaikan oleh Bapak Lalu Hendry Yujana dan angkatan II disampaikan oleh Ibu Sumini Dari Pusdiklat KNPK.

 

Angkatan I, pada materi pertama oleh Bapak Lalu Hendry Yujana

Angkatan II, pada materi pertama oleh ibu Sumini

RM

Please follow and like us:
0