KEMERIAHAN UPACARA MENYAMBUT HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-74

Tangerang Selatan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melaksanakan melaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang Ke-74 tahun. Upacara tersebut dilaksanakan di lapangan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang pada Sabtu (17/8) dengan tema “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Seluruh peserta diwajibkan mengenakan pakaian Adat dari tempat asal masing dalam upaya memupuk semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia.

Upacara ini dihadiri segenap jajaran kementerian Ristekdikti yang meliputi Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe, Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti (SDID) Ali Ghufron Mukti dan Plt. Inspektur Jenderal Kemenristekdikti Yusrial Bachtiar. Turut hadir juga eselon dan pegawai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Badan Standarisasi Nasional (BSN), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), (LIPI), mahasiswa, pelajar, dan masyarakat sekitar Puspiptek.

Tak ketinggalan pula Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Ristekdikti bersama Peserta Diklat Pimpinan Tingkat IV angkatan  juga hadir mengikuti Upacara tersebut. Selain itu juga ada perwakilan dari para pelajar dan mahasiswa yang diundang.

Didalam Upacara Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir selaku pembina upacara mengatakan Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global. ” Keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas,” ungkap Mohamad

Selain itu Menristekdikti mengungkapkan dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang. Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa.

Dalam upacara ini, Menristekdikti memberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya di lingkungan Kemenristekdikti kepada:

  1. Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng. (Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala)
  2. Prof. Dr. Drs. H. Moh. Wahyudin Zarkasyi, M.Si., Ak. (Universitas Singaperbangsa Karawang)
  3. Dr. Erna Hernawati, Ak., CPMA., CA. (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta)
  4. Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd. (Universitas Negeri Jakarta)
  5. Prof. Dr. Ir. Raldiantono, DEA. (Universitas Indonesia)
  6. Prof. Dr. Drs. H. Musril Zahari, M.Pd. (LLDikti Wilayah III Jakarta)
  7. Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. (Direktorat Penjaminan Mutu Kemenristekdikti)
  8. Syamsul Hadi, S.H., M.H. (Biro Hukum dan Organisasi, Setjen Kemenristekdikti)
  9. Ir. Dharnita Chandra, M.Si. (LLDikti Wilayah IV Jawa Barat dan Banten)
  10. Embong Rukma (Direktorat Sumber Daya Manusia Institut Pertanian Bogor)
  11. Prof. Dr. Ir. Anondho Wijanarko, M.Eng. (Universitas Indonesia)
  12. Tien Rahmiatin, S.I.P., M.P.A. (Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti)
  13. Herlina, S.E., M.M. (LLDikti Wilayah III Jakarta)
  14. Dr. Agus Santoso, M.Si (Universitas Terbuka)
  15. Cori Widayati, S.Sos. (Biro Keuangan dan Umum Setjen Kemenristekdikti)
  16. Dr. Muhamad Amin, S.T., MMSi. (Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti)
  17. Dadang Sundara, S.Hut., M.A.P. (Direktorat Pengembangan Teknologi Industri Kemenristekdikti)
  18. Sari Ustika Dewi, S.E. (Itjen Kemenristekdikti)
  19. Andri Irawan, S.I.P., M.M. (Biro Sumber Daya Manusia, Setjen Kemenristekdikti)
  20. Ana Rohmatul Zulfa, S.E. (Biro Keuangan dan Umum, Setjen Kemenristekdikti)

Selain memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya, Menristekdikti juga memberikan penghargaan kepada 16 polisi di unit Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Barat atas keberhasilan membongkar peredaran narkoba di beberapa perguruan tinggi di Jakarta. Menristekdikti memastikan apabila ada perguruan tinggi yang terdapat peredaran narkoba, rektornya akan dipanggil langsung oleh Kementerian untuk diberikan sanksi.

Sebelum kegiatan upacara  selesai, tim Marching Band dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta memberikan penampilan  dihadapan menteri, pejabat, dan peserta dengan membawakan lagu-lagu nasional dan lagu-lagu hits yang sedang populer saat ini.

 

Galeri :

 

Perlombaan memeriahkan Hari Kemerdekaan  Indonesia

Serpong, Setelah  upacara selesai dilangsungkan, Pusat, Pendidikan, dan Pelatihan (Pusdiklat) yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan puspiptek menyelenggarakan  perlombaan di depan Gedung Graha Widya Bhakti (GWB) Puspiptek. Perlombaan ini meliputi lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba menggiring bola menggunakan bambu,  balap kelereng, dan masih banyak lagi.

Kegiatan perlombaan ini bisa diikuti oleh siapa saja dan hadiah yang dipersiapkan pun cukup menarik mulai dari dispenser, peralatan rumah tangga, hingga sembako dengan total hadiah jutaan rupiah. Selain itu pusdiklat juga menyediakan voucher yang bisa ditukar dengan makan siang, Mug cantik, dan nomor undian doorprize dengan hadiah utama sebuah LED TV.

Perlombaan pertama dimulai dengan lomba balap karung, permainan ini bisa diikuti sebanyak llima orang sekali tanding. kemudian masing masing pemenang dari tiap kali tanding akan di pertemukan untuk memperebutkan juara pertama hingga juara tiga. Begitu pula dengan perlombaan yang lainnya.

Yang menarik dari perlombaan kali ini adalah tidak hanya para staf yang ikut perlombaan namun juga para pejabat struktural juga turut meramaikan acara ini.

Galeri :

 

IL/DW

Please follow and like us:
0