PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN III ANGKATAN VIII KEMENRISTEKDIKTI ANGKATAN VIII RESMI DIBUKA

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng, di dampingi oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenristekdikti Ari Hendrato Saleh, S.E., M.Si secara resmi membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan VIII di Auditorium Pusdiklat Kemenristekdikti, Gedung 124 Kawasan Puspiptek, Serpong. Beberapa tamu undangan turut menghadiri acara pembukaan, baik dalam lingkungan pusdiklat kemenristekdikti maupun para tamu undangan dari perwakilan unit utama Kemenristekdikti dan perguruan tinggi.

Foto.1. Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan VIII

Tamu undangan dalam lingkungan Pusdiklat Kemenristekdikti yang terlihat hadir diantaranya Dr. Agus Sediadi Tamtanus, M.Si, Malikuz Zahar, Bambang Sutejo, SH, M.Si,  M.Eng, Dr. Siti Aminah, MAB, Penina Renta Maria Gultom, S.IP, Hasmo Sadewo, SP, ME, Paulus Pati Payong, S.T,  dan Hendra Permana S, SE. Tamu undangan yang terlihat hadir dari unit utama Kemenristekdikti diantaranya Kepala Biro Keuangan dan Umum Moch. Wiwin Darwina, S.E., M.Si, Drs. Dadi Alamsyah, M.Si, Tufan S.P dan Djaswadin, SH, M.Si. sedangkan untuk tamu undangan yang terlihat hadir dari perguruan tinggi adalah Dr. Ir. Priyono Eko Sanyoto dari Politeknik Negeri Batam, Oyok Yudiyanto, S.T., M.T dari Politeknik Negeri Subang, Dr. Purnomo Ananto, M.M dari Politeknik Negeri Media Kreatif, Sri Mulyani, S.Sos dari Politeknik Negeri Jakarta, dan Deden Hery Hermawan, SE, MM dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Foto 2. Tamu Undangan Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan VIII

Dalam laporannya, Dr. Lanjar sebagai Ketua Penyelenggara menyampaikan beberapa hal antara lain yaitu tentang dasar hukum kegiatan, tujuan, waktu dan tempat penyelenggaraan, peserta latsar, biaya penyelenggaraan latsar serta evaluasi peserta latsar. Dasar hukum kagiatan latsar ini adalah UU No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, PP No. 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS, dan peraturan LAN No. 12 tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar CPNS. Tujuan pelatihan adalah untuk membentuk PNS profesional yang berkarakter, yaitu PNS yang memiliki perilaku bela negara, memiliki nilai-nilai dasar PNS, memiliki pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta PNS yang menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan peran secara profesional sebagai pelayan masyarakat. Pelaksanaan latsar diselenggarakan dari tanggal 8 Juli- 14 September 2019, selama 511 JP yang dilakukan secara klasikal (on Campus) selama 21 hari kerja dan non klasikal (off Campus) selama 30 hari kerja.

Foto3. Laporan Ketua Penyelenggara Latsar CPNS Golongan III Angkatan VIII

Peserta latsar angkatan VIII berjumlah 40 orang yang terdiri dari 26 orang laki-laki dan 14 orang perempuan dari berbagai instansi yaitu  1 orang masing-masing dari Biro Hukum dan Organisasi, Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Biro Keuangan dan Umum, Biro Perencanaan, Biro Sumber Daya Manusia, Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi,  Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Inspektorat Jenderal, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Politeknik Negeri Batam, dan Pusat Data dan Informasi Iptek dan Dikti. 2 orang masing-masing dari Institut Pertanian Bogor, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Media Kreatif, Politeknik Negeri Subang, Universitas Indonesia, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Singaperbangsa Karawang, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Peserta terbanyak dari Universitas Cenderawasih berjumlah 7 orang.

Laporan selanjutnya yang disampaikan adalah mengenai biaya penyelenggaraan latsar CPNS Golongan III angkatan VIII tahun 2019 yang dibebankan kepada anggaran Pusdiklat Kemenristekdikti tahun 2019. Sementara evaluasi kelulusan didasarkan kepada evaluasi akademik, evaluasi aktualisasi, evaluasi sikap perlaku, serta evaluasi penguatan kompetensi bidang tugas dengan kualifikasi nilai; sangat memuaskan 90,01-100,00, memuaskan 80,01-90,00, cukup memuaskan 70,01- 80,00, kurang memuaskan 60,01-70,00 dan tidak memuaskan <60. Peserta akan dinyatakan tidak lulus jika mendapatkan nilai tidak memuaskan, sementara untuk peserta yang mendapat nilai kurang memuaskan akan ditunda kelulusannya dan diberikan kesempatan untuk komponen penilaian yang kurang.

Sementara dalam sambutannya Kepala Pusdiklat menekankan tentang pentingnya diklat terintegrasi sebagai bagian dari membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang tugas. Selain itu ditekankan juga tentang tugas utama ASN yaitu (1) melaksanakan kebijakan publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, (2) memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas, dan (3) mempererat persatuan dan kesatuan NKRI dan visi misi Kemenristekdikti. Visi Kemenristekdikti adalah terwujudnya Pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa. Misi Kemenristekdikti adalah (1) meningkatkanb akses, relevansi, dan mutu Pendidikan Tinggi untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, (2) meningkatkan kemampuan iptek dan inovasi untuk menghasilkan nilai tambah produk inovasi dan (3) mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dalam rangka reformasi birokrasi. Kepala Pusdiklat berharap seluruh peserta latsar besungguh-sungguh, penuh disiplin, dan tanggung jawab dan tidak menomorduakan latsar sehingga peserta dapat lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Foto 4. Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan VIII

Peresmian pembukaan latsar ditandai dengan pengalungan tanda pengenal peserta latsar yang dilakukan oleh Kepala Pusdiklat dan Kepala Biro SDM kepada perwakilan peserta. Acara pembukaan diakhiri dengan ucapan selamat mengikuti latsar dari Kepala Pusdiklat, Kepala Biro SDM dan tamu undangan serta sesi foto Bersama.

Foto 5. Pengaluangan Tanda Peserta Latsar

Foto 6. Foto Bersama

(nds)

Please follow and like us:
0