IBU NANNY HADI TJAHJANTO, ISTRI PANGLIMA TNI RESMIKAN KEBUN KOLEKSI TANAMAN BUAH UNGGULAN DI KAWASAN PUSPIPTEK

Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menandatangani Prasasti peresmian Kebun Koleksi Tanaman Buah Unggulan di Kawasan Puspiptek

Serpong – Selasa, 09 Juli 2019 dilaksanakan rangkaian kegiatan Peresmian Kebun Koleksi Tanaman Buah Unggulan di Kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Kota Tangerang Selatan. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemenristekdikti, Ny. Hasbiyah M. Nasir, Kepala Puspiptek Sri Setiawati, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso, Pejabat Struktural dan Pegawai di Lingkungan Puspiptek, Kepala Sekolah, serta siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara. Sementara itu Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ. Habibie yang dijadwalkan mersemikan kegiatan ini belum bisa hadir dikarenakan kendala kondisi kesehatan.

Dalam sambutannya di Gedung Graha Widya Bhakti, Kepala Puspiptek Sri Setiawati menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada BJ. Habibie yang sebetulnya sangat dinanti-nanti kehadirannya oleh seluruh peserta atas jasa-jasanya membangun Kawasan Puspiptek. “Tanpa beliau kita tidak akan pernah bisa berdiri disini di ruangan ini”, ungkapnya. “Mari kita sama-sama mendoakan agar beliau sesantiasa dalam keadaan sehat walafiat sehingga bisa kembali bersama-sama kita”, sambungnya. Selanjutnya disampaikan bahwa kawasan Puspiptek adalah kawasan Nasional Sains Technopark sejak Tahun 2015 sesuai dengan RPJMN 2014 – 2019. Kawasan ini memiliki luas 460 Hektar dengan 51 Laboratorium dan Pusat. Setiap hari disini ada kurang lebih 6000 pegawai, kemudian 500 Doktor dan Profesor yang bekerja oleh karena itu keamanan dan keselamatan para ilmuwan yang ada disini harus dijaga. Di Kawasan Puspiptek ini juga terdapat reaktor nuklir terbesar di Asia Tenggara. Sri Setiawati mengajak peserta untuk bangga menjadi Bangsa Indonesia karena memiliki sumber daya manusia yang luar biasa. Selama ini ekonomi Indonesia berbasis sumber daya alam, tetapi bagaimana sekarang mengembangkan ekonomi Indonesia berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Mari bersama-sama membangun Indonesia dengan semangat inovasi, generasi muda harus dikembangkan dan digunakan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan bangsa.

Sambutan Sri Setiawati, Kepala Puspiptek

Sementara itu, dilain kesempatan Ny. Nanny Hadi Tjahjanto yang juga Ketua Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) memperkenalkan secara singkat profil SMA Pradita Nusantara. SMA Pradita Nusantara adalah salah satu sekolah yang didirikan oleh istri-istri TNI Angkatan Udara memiliki karakter kedirgantaraan, kecendiakawanan serta menjunjung tinggi serta kompetitif ditingkat global dengan tetap menjaga nilai-nilai luhur budaya nasional. Dengan ketiga karakter tersebut, SMA ini menyiapkan siswanya memiliki semangat dan cinta kepada ilmu pengetahuan khususnya riset dan teknologi. “Karena kepintaran anak-anak ini, sehingga Eyang Habibie penuh harapan sebagai generasi penerusnya dikemudian hari”, ujar Istri Panglima TNI tersebut.

Sambutan Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Umum Dharma Pertiwi

Usai pemberian sambutan, rombongan kemudian bertolak menuju Hutan Provinsi di Kawasan Puspiptek untuk melakukan penanaman tanaman unggulan. Dalam sambutannya, Ny. Hasbiyah M. Nasir menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan gerakan penghijauan dari Puspiptek Kemenristekdikti juga peninggalan warisan untuk anak cucu kita. “10 Tahun lagi Ibu Nanny kesini sudah berbuah apa belum”, guraunya. Hasbiyah juga mengungkapkan harapan peresmian kebun ini bukan hanya sebatas koleksi saja tetapi dapat dikembangkan menjadi hal yang lebih bermanfaat. Kegiatan menanam pohon ini juga bisa menumbuhkan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup. Hasbiyah kemudian mengajak Ny. Nanny Hadi Tjahjanto didampingi Sri Setiawati dan seluruh tamu undangan untuk menanam tanaman unggulan.

Sri Setiawati menjelaskan beberapa tanaman yang ditanam adalah varietas mangga alpukat yang merupakan rekayasa genetika. “Jadi kita bisa membelah buah mangga pada bagian tengahnya. Kemudian diputar dan langsung bisa dimakan seperti alpukat,” imbuhnya. Selain varietas tersebut, tanaman-tanaman buah yang ada di kebun koleksi Puspiptek terdiri dari duren, manggis, mangga dan semua buah produksi lokal.

Kepala SMA Pradita Dirgantara, Agus Munandar sangat terkesan dengan pengalaman ini. “Kalau saya lihat tadi itu tanaman asli Indonesia yang merupakan bibit unggul. Kami juga baru mendengar ada mangga alpukat itu sangat bagus sekali seandainya bisa dikembangkan di Indonesia. Harapannya semoga semua buah-buahan asli Indonesia itu bisa mendunia. Kita juga ingin mengenalkan kepada anak-anak bahwa Indonesia memiliki kelebihan”, ungkapnya.

Agus Munandar, Kepala SMA Pradita Nusantara

Usai melakukan penanaman, Nanny dan Hasbiyah melakukan penandatangan prasasti sebagai simbolis peresmian Kebun Koleksi Tanaman Buah Unggulan tersebut. Rangkaian kegiatan ditutup dengan kunjungan Istri Panglima TNI Hadi Tjahjanto melihat beberapa laboratorium yang ada di Puspiptek termasuk mengunjungi Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

MAS & NC

 

DOKUMENTASI KEGIATAN

Please follow and like us:
0