UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SDM INTERNAL PUSDIKLAT MELALUI PELATIHAN PEGAWAI PRAMU KANTOR DAN SECURITY

Gambar 1 Instruktur memberikan pengarahan alur pelatihan

Bogor, 20 Juni 2019 Pusat Pendidikan dan Pelatihan  Kemenristekdikti menyelenggarakan Pelatihan bagi Pramu Kantor dan Keamanan internal pegawai Pusdiklat. Pelatihan ini di ikuti sebanyak 17 orang yang terdiri dari delapan orang pegawai keamanan dan Sembilan orang pramu kantor.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 20 s/d 21 Juni 2019 dan diselenggarakan di kampus Pusdiklat Kemenristekdikti, Tangerang Selatan. Untuk melangsungkan pelatihan tersebut Pusdiklat bekerja sama dengan penyedia jasa pihak ketiga yang berkompeten dalam memberikan pengetahuan  kepada para pegawai internal Pusdiklat.

Sebelum menerima materi, instruktur memberikan pengarahan kepada peserta terkait rincian kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari.

 Gambar 2. Charfikarani memberikan pembekalan kepada peserta diklat

Kemudian Kepala Subbagian Pegawaian dan Persuratan Charfikarani memberikan pembekalan terkait kebijakan Organisasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan.  Charfikarani menyampaikan bahwa para peserta merupakan garda depan di instansi,  hal ini menyangkut pelayanan,  kebersihan,  keamanan,  juga penerimaan tamu sehingga menjadi  tolak ukur keseluruhan manajemen yang akan berdampak kepada citra baik instansi. “kalian menjadi garda depan di instansi karena saat ada tamu yang datang pasti akan lebih dulu bertemu dengan security  dan kebersihannya akan dilihat”. Ucapnya.

Lebih rinci, pembelajaran yang diberikan pada hari pertama (20/06) meliputi Pelayanan Prima yang disampaikan oleh Komariah  Asmara, menurut Komariah pelayanan prima akan terwujud apabila parapegawai sadar akan berpenampilan , dapat dipercaya, Cepat tanggap,  menjamin mutu, dan memiliki empati. Selain itu disampaikan oleh Purwaningsih Sardewi. Pada hari kedua (21/06), peserta dibagi berdasarkan pekerjaan masing-masing, yaitu office boy (OB) dan security.  Dikelompok office boy  diajarkan mengenai teori-teori dan urutan pelayanan  OB), praktek kebersihan, sedangkan  pada kelompok security diajarkan sikap dan perilaku petugas               keamanan, praktek protokoler dan penerimaan tamu. Tak luput  diajarkan pula praktektelepon manner,  prosedur penyampaian pesan.

Dengan dilaksanakan pelatihan ini sehingga meningkatkan mutu sumber daya manusia yang terlatih dan terampil di internal pegawai pusdiklat kemudian tolak ukur keseluruhan agar memberikan pelayanan yang maksimal.

 

                                                                                                                                                                                                     IL

Please follow and like us:
0