UJIAN AKTUALISASI PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN VI TAHUN 2019

Foto pada saat pelaksanan ujian aktualisasi

Banda Aceh, 15 Juni 2019 – Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan VI yang dilaksanakan atas kerjasama Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Pengembangan Kajian Hukum Administrasi Negara (Puslatbang KHAN) Aceh akhirnya sampai pada sesi akhir yaitu on-2 setelah dibuka secara resmi tanggal resmi dibuka pada hari Rabu, 27 Maret 2019.

Pada hari Jumat, 14 Juni 2019, peserta diminta melaporkan laporan aktualisasi setelah 30 hari sejak tanggal 13 Mei 2019 menjalani Habituasi di unit kerjanya masing-masing sesuai dengan rancangan aktualisasi yang sudah diseminarkan pada akhir on-1 dalam ujian aktualisasi di hadapan mentor yang mendampingi peserta selama habituasi, coach dan satu orang penguji. Penguji berasal dari pegawai structural di Pusdiklat Kemenristekdikti yaitu Ruben Silitonga, Kepala Bidang Penyelenggaraan, Penina RMG, Kepala Sub Bidang Diklat Administrasi, Hendra Permana, Kepala Sub Bidang Keuangan dan Hasmo Sadewo, Kepala Sub Bidang Program dan Evaluasi.

Pelaksanaan ujian aktualisasi dibagi menjadi 4 ruangan tanpa membedakan 40 orang peserta pelatihan yang berasal dari regional Aceh dan Sumatera Utara yaitu dari Politeknik Negeri Lhokseumawe 2 orang, Politeknik Negeri Medan 2 orang, Universitas Malikussaleh 3 orang, Universitas Negeri Medan 2 orang, Universitas Samudra 6 orang, Universitas Sumatera Utara 4 orang, Universitas Syiah Kuala 7 orang, Universitas Teuku Umar 14 orang.

Semua peserta yang bersiap-siap tampil bersama mentor terlihat sangat antusias dalam menghadapi ujian aktualisasi yang berlangsung secara simultan sampai dengan sore hari. Ada beberapa peserta yang terlihat melakukan beberapa perbaikan setelah menerima masukan dari coach dan penguji, sementara beberapa peserta lainnya terlihat santai setelah selesai ujianaktualisasi. Salah satu peserta dari Universitas Sumatera Utara, Henny Sri Wahyuni meyatakan “saya lega telah melewati semua proses latsar dengan baik”, judul laporan aktualisasi Henny adalah ‘Strategi perbaikan system manajemen Laboratorium di lingkungan Fakultas Farmasi USU’, beliau juga menyampaikan rasa puas atas pelayanan panitia dari Pusdiklat dan juga termasuk semua fasilitas yang diberikan selama pelaksanaan Latsar.

  Foto peserta dan mentor dari USU

Pada kesempatan yang sama, Henny juga didampingi oleh mentornya Khairunisa, Wakil Dekan II Fakultas Farmasi. Saat di wawancara, beliau menyampaikan bahwa secara umum pelaksanaan Latsar semakin baik dari waktu ke waktu, kalau dulu prajabatan dilaksanakan selama 2 bulan, berubah lagi menjadi 1 bulan dan dengan pola on-off campus. “saya rasa, untuk ujian aktualisasi ini tidak perlu lagi harus menghadirkan mentor, karena memang sudah mendampingi selama proses habituasi dan juga sudah hadir saat pelaksanan seminar aktualisasi”. Selama pelaksanaan Latsar, mentor dan penguji harus hadir 2 kali yaitu pada on-1 dan on-2, “Hal ini sangat menguras waktu, tenaga dan biaya, terlebih kami yang dari jauh-jauh datang pakai pesawat” imbuhnya lagi di akhir wawancara.

RomaMantin

Please follow and like us:
0