KAPUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI PIMPIN PENUTUPAN LATSAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN VI

Penutupan Latsar Gol III Angkatan VI

Banda Aceh, 15 Juni 2019 – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso, secara resmi menutup penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan VI Tahun 2019 yang bertempat di Ruang Teater Mini Iskandar Muda Puslatbang KHAN Aceh yang merupakan tahap akhir rangkaian pelatihan dasar yang dilaksanakan selama 51 hari mulai tanggal 27 Maret 2019. Hadir dalam acara tersebut, Heru, Kasubbid Pelatihan dan Pengembangan Puslitbang KHAN yang mewakili Kepala Puslitbang KHAN, para undangan antara lain Rektor Universitas Teuku Umar, Rektor Universitas Malikussaleh, Wakil Rektor 2 Universitas Syiah Kuala, mewakili pimpinan Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Samudera , serta para Widyaiswara di lingkungan Puslitbang KHAN.

Tujuan Pelatihan Dasar adalah membentuk ASN yang professional, berkarakter, memiliki perilaku belanegara, memiliki nilai-nilai dasar PNS, memiliki pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Diklat Pusdiklat Kemenristekdikti, Ruben Silitonga, dalam Laporan Penyelenggaraan Latsar. Disampaikan pula bahwa peserta latsar menilai proses penyelenggaraan pelatihan berjalan sangat baik dengan nilai 87,6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan berjalan lancar, sehingga mendukung para peserta untuk memperoleh hasil pelatihan yang maksimal terbukti dari hasil Evaluasi peserta latsar yang sangat baik dimana 34 orang termasuk dalam kategori ‘Memuaskan’ dan 6 orang termasuk dalam kategori ‘Sangat Memuaskan’, semua dinyatakan Lulus dengan 3 orang peserta terbaik yaitu:

  1. Rico Nur Ilham (Universitas Malikussaleh)
  2. Fitriyani (Universitas Syiah Kuala)
  3. Arif Habibah Usman (Universitas Syiah Kuala)

Foto 2. Peserta 3 Terbaik

Peserta terbaik Pertama, Rico Nur Ilham, dari Universitas Malikussaleh, dalam wawancara menyampaikan bahwa banyak sekali pengalaman yang dapat diambil selama mengikuti latsar. Kesabaran dalam mengikuti pelatihan juga membuahkan hasil yang baik, sehingga siap untuk mengabdi di Kemenristekdikti untuk menjadi pelayan kepada mahasiswa, masyarakat, dan siap untuk menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi. Rico menyampaikan tidak ada tips khusus untuk menjadi peserta terbaik, hanya berprinsip bahwa untuk mencapai hasil terbaik berasal dari bidang yang dikuasai dan memaksimalkan potensi di bidang tersebut, sehingga bermanfaat bagi mahasiswa, masyarakat, dan instansi.

      Foto 3. Peserta Terbaik Pertama Rico Nur Iham

Sebelum menutup Latsar secara resmi, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti Wisnu S. Soenarso dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelatihan Dasar ini merupakan tahap awal untuk membentuk ASN yang professional dan berdaya saing sesuai Visi Kemenristekdikti yaitu terwujudnya pendidkan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa, sehingga perlu diwujudkan dengan upaya meningkatkan akses, relevansi, dan mutu Pendidikan tinggi untuk menghasilkan SDM yang berkualitas. “Saya ucapkan selamat, hari ini sukses besar, lulus semua, ada 6 yang Sangat Memuaskan. Semoga prestasi ini membawa semangat kita untuk menuju perubahan dan perbaikan harus terus menerus dilaksanakan,” ujarnya di akhir sambutan.

Acara penutupan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan VI ini diakhiri dengan pelepasan tanda peserta oleh Kepala Pusdiklat, yang dilanjutkan dengan penampilan yel-yel peserta dan ucapan selamat dari Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, para tamu undangan dan panitia.

                                                                                                                                    KhatarinaSI

Please follow and like us: