PENUTUPAN DIKLATPIM TK. IV ANGKATAN IV TAHUN 2019

ISerpong, 18 Juni 2019- Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Wisnu S. Soenarso, secara resmi menutup penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan IV Tahun 2019 bertempat di Auditorium Kampus Pusdiklat, Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan. Upacara penutupan dilaksanakan mulai pukul 16.30 WIB. Dalam upacara tersebut turut hadir pejabat struktural dan fungsional Pusdiklat dan tamu undangan dari perwakilan unit kerja peserta, antara lain yaitu (1) Taswin, Kepala Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian Universitas Tadulako; (2) Faridah, Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret; (3) Hafi, Kepala Bagian Kemahasiswaan, Universitas Tanjungpura; (4) Amin Sidiq, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Universitas Negeri Malang; (5) I Made Karunia, Kepala Bagian Kepegawaian Universitas Pendidikan Ganesha; (6) Muhammad Natsir, Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Barat; (7) Afdalisma, Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Negeri Padang.

 Foto 2. Laporan Kabid Penyelenggaraan

Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan IV Tahun 2019 telah berlangsung dari 6 Februari s.d. 18 Juni 2019 dengan metode klasikal (on campus) dan non klasikal (off campus), yaitu selama 893 JP atau 103 hari kerja. Dalam laporannya, Ruben Silitonga selaku Kabid Penyelenggaraan menyampaikan hasil evaluasi bahwa semua peserta dinyatakan lulus dengan rincian 1 orang dengan kualifikasi “Cukup Memuaskan”, 24 orang dengan kualifikasi “Memuaskan”, dan 15 orang dengan kualifikasi “Sangat Memuaskan”. Selain hasil tersebut, Pusdiklat Kemenristekdikti juga memberikan penghargaan kepada 5 peserta terbaik, yaitu:

  1. Ana Rohmatul Zulfa (Sekretariat Jenderal/Biro Keuangan dan Umum)
  2. Robertus Ulu Wardana Teiseran (Sekretariat Jenderal/Biro Hukum dan Organisasi)
  3. Firmansyah (Universitas Terbuka)
  4. Mochamad Nur Rochim (Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti)
  5. Leyla Nadia (Direktorat Jenderal Kelembagaan, Iptek dan Dikti)

 Foto 3. Kapusdiklat, Kabid Penyelenggaraan, dan Widyaiswara dengan 5 Peserta Terbaik (dari kanan ke kiri: Asih Setiawati, Ana R. Zulfa, Robertus Ulu Wardhana, Firmansyah, Wisnu S. Soenarso, Muhamad Nur Rochim, Leyla Nadia, dan Ruben Silitonga)

Kesan dan pesan oleh peserta diwakili oleh Jumargus dari Universitas Negeri Padang, dan Raudotul Janah dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Peserta menyampaikan rasa syukurnya dapat berbagi ilmu baik melalui pengajar maupun sesama peserta. Peserta juga mengungkapkan kesannya membangun rasa kekeluargaan dengan peserta lain yang didapatkan melalui kebersamaan selama tahap on campus.

 Foto 4. Penyampaian Kesan dan Pesan oleh Perwakilan Peserta

Dalam sambutannya, Kapusdiklat menyampaikan bahwa Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi PNS agar terbentuk ASN yang professional sebagai pemimpin operasional yang kompeten dalam pelaksanaan tugas. Sebelum menutup acara secara resmi, Kapusdiklat berpesan kepada para peserta agar terus berinovasi dan berkreasi terutama dalam pelaksanaan tugas dalam pelayanan publik. Upacara penutupan diakhiri dengan pelepasan tanda peserta oleh Kapusdiklat didampingi oleh Kabid Penyelenggaraan dan Widyaiswara, dan pembagian STTP (Surat Tanda Tamat Pelatihan) dan pemberian ucapan selamat kepada peserta.

Foto 5. Sambutan Kapusdiklat

Ana R. Zulfa dari Biro Keuangan dan Umum, peserta terbaik pertama dalam wawancaranya menyampaikan bahwa secara pribadi merasa bahagia bisa bertemu teman-teman dari seluruh Indonesia, dan membentuk diri dan karakter sebagai calon agen-agen pemimpin yang akan memberikan perubahan untuk organisasi. Harapan untuk Pusdiklat akan lebih berjaya, lebih maju, dan lebih meningkatkan lagi pelayanan prima yang sudah ada saat ini. Robertus Ulu Wardhana dari Biro Hukum dan Organisasi peserta terbaik kedua juga menyampaikan harapan yang sama agar Pusdiklat dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Firmansyah menyampaikan bahwa penyelenggaraan diklat sudah sangat baik, pelaksanaan, pelayanan panitia, dan pengajar-pengajarnya. Harapannya pelayanan dapat lebih baik lagi, keterkaitan antara materi dan implementasinya di tempat kerja.

 

HS