PEMBUKAAN PELATIHAN DAN UJIAN SERTIFIKASI BENDAHARA PENGELUARAN (BP) dan PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN (PPK) ANGKATAN III TAHUN 2019

Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Bapak Wisnu S Soenarso bersama para peserta Pelatihan Bendahara Pengeluaran Angkatan III

Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Bapak Wisnu S Soenarso bersama para peserta Pejabat Pembuat Komitmen Angkatan III

Bogor, 24 JUNI 2019 – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenristekdikti, Wisnu S Soenarso resmi membuka Pelatihan Bendahara Pengeluaran (BP) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) angkatan III di Lingkungan Kemenristekdikti Tahun 2019. Pelatihan diikuti oleh total 54 orang peserta yang berasal dari unit kerja di lingkungan Kemenristekdikti dan Perguruan Tinggi.

Acara diawali dengan penyampaian laporan dari Kepala Subbidang Penyelenggaraan Diklat Teknis, Sugiyo Pranoto. Dalam laporannya Sugiyo menyampaikan Pelatihan akan dibagi dalam dua kelas, untuk Diklat Bendahara Pengeluaran (BP) diikuti oleh 32 peserta dan akan berlangsung selama 6 (enam) hari mulai tanggal 24 s/d 29 Juni 2019. Untuk Diklat Pejabat Pembuat Komitmen diikuti oleh 22 peserta akan berlangsung selama Enam hari mulai tanggal 24 s/d 29 Mei 2019. Tujuan dari kedua pelatihan ini untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap Pegawai Negeri Sipil yang akan menduduki jabatan Bendahara Pengeluaran dan Pejabat Pembuat Komitmen supaya dapat melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S Soenarso dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat mengikuti diklat untuk seluruh peserta. Beliau mengharapkan kepada peserta untuk tidak menjadikan diklat ini sebagai beban tetapi jadikan sebagai kesempatan untuk mengingkatkan kompetensi dan keterampilan terutama dalam menggunakan aplikasi. Hal tersebut mengingat bahwa majunya organisasi kita sangat bergantung pada proses keuangan sehingga kedua diklat ini sangatlah penting.

Diklat ini adalah apa yang diminta dalam rencana strategis Kemenristekdikti sehingga kedua diklat ini sangatlah berkaitan. Bendahara Pengeluaran (BP) harus sesuai dengan kompetensi sehingga dalam pekerjaan di unit masing-masing tidak terjadi kesalahan yang berkaitan dalam hal keuangan diharapkan agar kedepan, begitu juga dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Kepala Pusdiklat menghimbau kepada peserta untuk sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini agar dapat lulus tes ujian pada hari terakhir nanti, dimana ujian tersebut terkait dengan sertifikat yang akan didapat. “Sebagaimana yang kita tahu saat ini kita harus menunjukan sertifikat kompetensi untuk menunjukan bahwa kita memang kompeten dibidangnya, yakin dengan kemampuan yang kita miliki, dan orang akan lebih menghargai kinerja kita” ujar Wisnu S Soenarso.

Selain membuka kegiatan pelatihan,  Kepala Pusdiklat  juga memberikan pembekalan mengenai “Pengembangan Kopetensi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dari gambar tersebut terlihat para peserta tampak antusias dan fokus mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Wisnu S. Soenarso.

 

DSSDP

Please follow and like us:
0