PEMBUKAAN DIKLATPIM TINGKAT IV ANGKATAN V PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI TAHUN 2019

Perwakilan peserta Diklatpim Tingkat IV Angkatan V Tahun 2019

Serpong – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti) Wisnu S. Soenarso secara resmi membuka Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV Angkatan V Tahun 2019 di Auditorium Pusdiklat Kemenristekdikti, Gedung 124 Kawasan Puspiptek, Serpong. Kegiatan ini turut dihadiri juga oleh Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan Pusdiklat Kemenristekdikti, serta para tamu Undangan perwakilan dari Unit Utama Kemenristekdikti dan Perguruan Tinggi.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti Ruben Silitonga menyampaikan tujuan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat IV ini adalah untuk membentuk pemimpin perubahan pada tingkat pejabat struktural Eselon IV atau pejabat pengawas yang berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di instansi masing-masing. Peserta Diklatpim Tingkat IV Angkatan V ini berjumlah 40 orang, terdiri dari peserta laki-laki sebanyak 23 orang dan wanita sebanyak 17 orang, yang berasal dari 37 Unit Kerja di Lingkungan Kemenristekdikti, yaitu 7 Unit Utama (9 orang) dan 30 Perguruan Tinggi diantaranya: Universitas Jambi, Universitas Gadjah Mada, ISI Surakarta, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Semarang, Universitas Haluoleo, Universitas Tadulako, Universitas Bengkulu, Universitas Tanjungpura, ISI Padangpanjang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Jember, Universitas Mataram, Universitas Negeri Papua, Universitas Samudera, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Cendrawasih, UPN Yogyakarta, Universitas Timor, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Makassar, Politani Negeri Pangkep, Politeknik Batam, Politani Negeri Payakumbuh, Politeknik Negeri Banjarmasin masing-masing 1 orang, serta Politeknik Negeri Bengkalis 2 orang.

Laporan Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti

Sementara itu, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Wisnu S. Soenarso dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Diklatpim Tingkat IV ini sebagai bagian program pemerintah dalam meningkatkan kompetensi ASN yang diharapkan dalam pelaksanaan diklatnya, pemimpin bisa membawa perubahan di lingkungan kerjanya kerjanya. Untuk itu, peserta harus memilih proyek perubahan sebagai inovasi yang dapat bermanfaat untuk instansinya. “Jadi bukan lagi pelatihan zaman dulu yang proyek perubahannya Cuma ganti cover dari peserta sebelumnya, harus dibuktikan dengan adanya video evidence sehingga peserta benar-benar bisa melakukan proyek perubahan di instansinya”, pungkasnya.

Sambutan Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti sekaligus membuka Diklatpim Tingkat IV Angkatan V Tahun 2019 secara resmi

Dengan dibukanya Diklatpim Tingkat IV Angkatan V, maka peserta akan melaksanakan Diklat mulai tanggal 25 Juni s.d. 18 Oktober 2019, sebanyak 893 JP atau selama 103 hari kerja.  Diklat ini dilakukan dengan metode klasikal (on campus) selama 290 JP atau 36 hari kerja di kampus Pusdiklat Kemenristekdikti dan non klasikal (off campus) selama 603 JP atau 67 hari kerja di unit kerja masing-masing. Proses pembelajaran Diklatpim Tingkat IV Angkatan V akan dibekali dalam 5 (lima) tahap pembelajaran, yakni: (1) Agenda Penguasaan Diri (Self Mastery), (2) Agenda Diagnosa Perubahan Organisasi, (3) Agenda Inovasi, (4) Agenda Tim Efektif, dan (5) Agenda Proyek Perubahan.

MAS

Please follow and like us:
0