Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti melaksanakan kerjasama penyelenggaraan diklat dengan berlandaskan pada kesamaan visi, misi, dan tujuan, yaitu guna meningkatkan kompetensi pegawai negeri sipil dan pelaksanaan pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Penandatangan Nota Kesepahaman antara Pusdiklat Kemenristekdikti dengan BPSDM Provinsi Sumatera Selatan pada Maret 2017

Kerjasama penyelenggaraan diklat dibagi dalam tiga kategori, pertama kerjasama penyelenggaraan diklat tenaga pengelola pusdiklat, kedua kerjasama penyelenggaraan diklat dalam jabatan, dan ketiga kerjasama penyelenggaraan diklat teknis.

Kerjasama penyelenggaraan diklat tenaga Pengelola Pusdiklat ditujukan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kediklatan, Pusdiklat Kemenristekdikti telah menjalin  kerjasama dengan berbagai mitra kerja di antaranya dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam penyelenggaraan diklat Training of Facilitators (ToF) bagi Widyaiswara, Training of Course (ToC) bagi tenaga pengelola Pusdiklat, dan Pusdiklat Kementerian Ketenagakerjaan serta Pusdiklat Sekretariat Negara khususnya dalam pelaksanaan Management of Training (MoT) bagi pejabat struktural,.

Dalam dua tahun berjalan tahun 2016 sampai tahun 2017 telah dilaksanakan kerjasama penyelenggaraan diklat dalam jabatan dengan mitra kerja yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dalam rangka pelaksanaan Pelatihan Dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil, diantaranya adalah Badan Diklat Daerah Istimewa Yogyakarta, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta, BPSDM Provinsi Jawa Tengah, BPSDM Provinsi Nusa Tenggara Barat, BPSDM Provinsi Maluku, BPSDM Provinsi Sumatera Barat, BPSDM Provinsi Sumatera Selatan, BPSDM Provinsi Papua, Bapelkes Batam, Bapelkes Makasar, dan PKP2A LAN IV Banda Aceh, PKP2A LAN III Samarinda dan Pusdiklat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Dalam kurun waktu dua tahun tersebut, Pusdiklat Kemenristekdikti  telah menandatangani Naskah Kerjasama berupa 23 buah Nota Kesepahaman dan 41  buah Perjanjian Kerjasama.

Kerjasama penyelenggaraan diklat teknis dilakukan dengan mitra kerja sesuai dengan jenis kebutuhan diklat yang terbagi dalam tiga kategori yaitu diklat teknis kepegawaian, diklat teknis keuangan negara dan diklat teknis fungsional. Pada kurun waktu tahun 2016 dan 2017 telah mendiklatkan 2.165 orang peserta diklat dari berbagai unit kerja di lingkungan Kemenristekdikti bak unit utama maupun perguruan tinggi, di antaranya adalah diklat Pengadaan Barang dan Jasa, Pelatihan Bendahara, Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran, diklat Pengelolaan Arsip Dinamis, Diklat Eijkman, Diklat ULT, Diklat Bendahara Penerima, Diklat Auditor, Diklat Keamanan, Pelatihan SPSE V.4.1.2, Diklat Keprotokolan, Diklat Penyusunan LK dengan SAIBA, Diklat Manajemen ASN, dan Pelatihan Legislative Drafting. Kerjasama dilakukan dengan mitra kerja terkait materi diklat di antaranya dengan Pusdiklat Perbendaharaan dan Keuangan Kementerian Keuangan, Pusdiklat Kearsipan ANRI, Pusdiklat Pengawasan Kementerian Keuangan, Pusdiklat Kementerian Komunikasi dan Informasi, Lembaga Kebijakan Barang dan Jasa Pemerintah, Pusdiklat Sekretariat Negara. (SA.Kerma.2017)