Peringatan Hari Ibu ke-90

     Jakarta, 21 Desember 2018 – Pegawai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta Kementerian Kemaritiman hari ini melaksanakan Upacara Bendara sebagai bentuk peringatan Hari Ibu ke-90 di lapangan lt. 3 Gedung BPPT II. Pada tahun 1938 Kongres Perempuan Indonesia III menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu, pernyataan ini dikukuhkan dengan Keputuan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 Tentang Hari-hari Nasional Bukan Hari Libur.

     Hari Ibu di Indonesia diperingati pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928. Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta.

     Peringatan Hari Ibu ke-90 ini memiliki tujuan untuk meningkatkan peran perempuan Indonesia dalam setiap aspek kehidupan, medorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki, serta meningkatkan kesetaraan hak dan kewajiban perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan, peradagangan orang, dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan.

Nindy Flawerina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*